Kamis, 11 Oktober 2012

Seberapa Pentingnya Akuntansi Terhadap Bisnis


Beberapa orang mengakui bahwa akuntansi adalah bahasa bisnis. Tetapi apa sebenarnya akuntansi itu? Seberapa pentingnya akuntansi terhadap bisnis? Didalam tulisan ini sayan akan menjelaskan sedikit tentang akuntansi.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan apa itu akuntansi?
Menurut informasi yang saya dapat, akuntansi merupakan suatu proses yang mengidentifikasi data keuangan, pencatatan, dan sebagai hasil akhirnya, laporan keuangan. Ada perbedaan antara akuntansi dan pembukuan. Pembukuan sebenarnya bagian dari akuntansi yaitu proses pencatatannya saja. Sedangkan akuntansi mencakup juga identifikasi dan komunikasi.

Seberapa pentingnya akuntansi terhadap bisnis?
Menurut saya akuntansi itu sangat penting untuk bisnis, karena tanpa adanya akuntansi kita sulit untuk mengelola keuangan atau pendapat dan pengeluaran. dengan adanya akuntansi kita dapat dengan mudah merinci seberapa besar modal yang kita keluarkan dan seberapa besar keuntungan yang kita dapat. Dengan adanya laporan keuangan kita akan dapat hasil akhir dari proses akuntansi, Tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi kepada pihak-pihak tertentu yang menyangkut posisi, kinerja, dan perubahan posisi keuangan sehingga bermanfaat sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi/bisnis. Dan didalam laporan keuangan terdiri dari laporan rugi/laba yang digunakan untuk memberika gambaran mengenai kierja keuangan perusahaan, laporan perubahan modal, neraca digunakan untuk mengidentifikasi posisi keuangan perusahaan seperti harta, utang dan modal. dan laporan arus kas.

Indonesia, seperti banyak negara lain, perekonomiannya didominasi oleh perusahaan menengah dan kecil yang masih belum terlalu menyadari sepenuhnya kegunaan akuntansi. Secara garis besar, sebuah toko dapat menentukan keadaan keuangannya. Jika menguntungkan, stok barang akan bertambah banyak dan sebaliknya. Tetapi jika ada yang bertanya berapa keuntungan sebenarnya, mereka tidak dapat mengetahuinya.

Keadaan seperti ini banyak sekali dijumpai di Negara-negara lain, tidak hanya di Indonesia saja. Jika memang diterapkan suatu sistem akuntansi, biasanya hanyalah untuk sebuah formalitas. Sebenarnya, apakah bisnis semacam ini membutuhkan akuntansi? Jawabannya sebenarnya adalah tidak selalu. Tergantung dari cost dan benefitnya. Karena secara garis besar kegunaan akuntansi yaitu: 
http://akuntansi.8k.com/_themes/strtedge/astrbul1e.gif
pemilik dapat melihat keuntungan perusahaan secara pasti
http://akuntansi.8k.com/_themes/strtedge/astrbul1e.gif
pengontrolan biaya yang lebih mudah
http://akuntansi.8k.com/_themes/strtedge/astrbul1e.gif
pemantauan aset-aset perusahaan
http://akuntansi.8k.com/_themes/strtedge/astrbul1e.gif
likwiditas dan solvabilitas yang pasti
http://akuntansi.8k.com/_themes/strtedge/astrbul1e.gif
prediksi keuangan

Nama : Khaerunnisa
Npm : 23210879

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar