Rabu, 07 November 2012

DEFINISI AKUNTANSI



Definisi akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang, yaitu definisi dari suatu pemakai jasa akuntansi, dan dari sudut proses kegiatannya.
Ø Definisi dari Sudut Pemakai
Ditinjau dari pemakainya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai “suatu disiplin yang menyedeiakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi”. Informasi yang dihasilkan akuntansi diperlukan untuk:
1.     Membuat perencanaan yang eektif, pengawasandan pengambilan keputusan oleh manajemen, dan
2.    Pertanggungjawaban organisasi kepada para investor, kreditur, badan pemerintah, dan sebagainya.
Dari definisi ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:
1.     Akuntansi diselenggarakan dalam suatu organisasi (biasanya berupa organisasi perusahaan), informasi akuntansi yang dihasilkan adalah informasi tentang organisasi.
2.    Informasi akuntansi sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan perusahaan. Informasi ini digunakan dalam pengambilaan keputusan intern organisasi (oleh manajemen yaitu orang yang diberi tugas untuk memimpin perusahaan), dan juga untuk pengambilan keputusan oleh pihak ekstern organisasi (oleh investor, yaitu orang-orang yang menanamkan uangnya dalam perusahaan untuk mendapatkan laba; oleh kreditur, yaitu orang-orang yang memberi pinjaman kepada perusahaan dan pihak lainnya).

Ø Definisi dari Sudut Proses Kegiatan
Apabila ditinjau dari sudut kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai “proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisisan data keuangan suatu organisasi”. Definisi ini menunjukan bahwa kegiatan akuntansi merupakan tugas yang kompleks dan menyangkut bermacam-macam kegiatan. Pada dasarnya aluntansi harus:
1.     Mengidentifikasikan data mana yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil.
2.    Memproses atau menganalsisi data yang relevan
3.    Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Akuntansi dan Tata Buku
Di indonesia istilah akuntansi relatf belum lama dikenal, bila dibandingkan dengan istilah tata buku. Sampai dengan akhir tahun lima puluhan masyarakat hanya mengenal istilah tata buku yang merupakan warisan Belanda. Istilah akuntansi baru mulai dikenal pada awal tahun enampuluhan, yaitu ketika akuntansi yang berasal dari Amerika Serikat mulai masuk ke Indonesia. Sejak itu orang menganggap bahwa akuntansi adalah sistemm pembukuan yang berasal dari Amerika dan tata buku adalah sistem pembukuan model Belanda. Pengertian semacam itu tidak benar. Tata buku yang telah dikenal sejak jaman belanda tidak lain adalah bagian dari sistem akuntansi Belanda. Tata buku sebenarnya merupakan sebagian proses akuntansi, khususnya yang berkaitan dengan proses pencatatan. Tat buku adalah elemen prosedural dari akuntansi, seperti aritmatika adalah elemen prosedural dari matematika.

Sumber :
Al,Haryono Jusup. Universitas Gajah Mada. Jilid 1:Edisi 6.
Cerepak, John R., and Donald H.Taylor. Principles of Accounting. Englewood Clif                N.j,: Prentice-Hall, inc., 1987.
Edwars, James Dn, Roger H. Hermanson, and R.F. Salmon. A Survey of Financial and Managerial Accounting. Fith ed. Homewood, II.: Richard D. Irwin, Inc., 1989.
Granof, Michael H., and Philip W. Bell. Financial Accounting. 4th ed. Englewood Cliffs, N.J.: Prentince-Hall, 1991.
Horngren, Charles T., and Walter T,Harrison, Jr. Accounting, Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-hall, 1989.
Larson, Kermit D. Fundamental Accounting Principles. 12th ed. Homewood, II.: Richard D. Irwin, Inc., 1990.
Meigs, Walter B., and Robert B.Meigs. Financial Accounting. 4th ed. New York: Mc Graw Hill Book Company, 4th ed. 1983.
Mueller, Gerhard G., and Lauren Kelly. Financial Accounting, Introductory. 3th ed. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1991.
Neeley, L. Paden, and Frank J. Imke. Principles Accounting and Practices. 4th ed. Cincinnati, Ohio: South-Western Publishing Co., 1991.
Wilcox, Kirkand A., and Joseph G. San Miguel. Introduction to Financial Accounting. 2nd ed. New York: Harper and Row, Publshers , 1984.



1 komentar: