Kamis, 11 November 2010

Tugas 5 Pengantar bisnis


Tugas 5
1.Sebutkan perbedaan dari manajemen oleh organisasi?
Jawab:
Pada hakikatnya, organisasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan. organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut. Manajemen dipakai dalam berbagai bentuk organisasi dan perkumpulan, bidang serta bentuk tipe kegiatan manusia yang mempunyai tujuan bersama
2.Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita, jelaskan?
Jawab:
karena manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang di organisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerja sama didalam mencapai suatu tujuan yaitu untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan disitulah manajemen diperlukan dan dibutuhkan.
3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien oleh manajer yang efektif?
Jawab:
efisiensi : seorang manajer yang mempunyai kemampuan atau dapat mencapai input yang lebih besar dari pada outputnya. Atau dapat dikatakn bahwa manajer efisiensi yaitu manajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan.
Efektivitas: yaitu seorang manajer yang dapat memilih pekerjaan yang tepat dan metode yang tepat didalam pencapaian tujuan yang diinginkan.
4.sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas motivasi dirimu?
Jawab:
Beberapa faktor yang dapat mempngaruhi motivasi kelompok (teamwork) dalam bekerja dapat dikategorikan sebagai berikut:

Tujuan
Visi, misi dan tujuan yang jelas akan membantu team dalam bekerja. Namun hal tersebut belum cukup jika visi., misi dan tujuan yang ditetapkan tidak sejalan dengan kebutuhan dan tujuan para anggota..

Tantangan
Manusia dikarunia mekanisme pertahanan diri yang di sebut "fight atau flight syndrome". Ketika dihadapkan pada suatu tantangan, secara naluri manusia akan melakukan suatu tindakan untuk menghadapi tantangan tersebut (fight) atau menghindar (flight). Dalam banyak kasus tantangan
yang ada merupakan suatu rangsangan untuk mencapai kesuksesan. Dengan kata lain tantangan tersebut justru merupakan motivator.

Namun demikian tidak semua pekerjaan selalu menghadirkan tantangan.Sebuah team tidak selamanya akan menghadapi suatu tantangan. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya memberikan suatu tugas atau pekerjaan yang menantang dalam interval. Salah satu criteria yang dapat dipakai sebagai acuan apakah suatu tugas memiliki tantangan adalah tingkat kesulitan dari tugas tersebut. Jika terlalu sulit, mungkin dapat dianggap sebagai hal yang mustahil dilaksanakan, maka team bisa saja menyerah sebelum mulai mengerjakannya. Sebaliknya, jika terlalu mudah maka team juga akan malas untuk mengerjakannya karena dianggap tidak akan menimbulkan kebanggaan bagi yang melakukannya.

Keakraban
Team yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akraban satu sama lain,setia kawan, dan merasa senasib sepenanggungan. Para anggota team saling menyukai dan berusaha keras untuk mengembangankan dan memelihara hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal menjadi sangat penting karena hal ini akan merupakan dasar terciptanya keterbukaan dan komunikasi langsung serta dukungan antara sesama anggota team.

Tanggungjawab
Secara umum, setiap orang akan terstimulasi ketika diberi suatu tanggungjawab. Tanggungjawab mengimplikasikan adanya suatu otoritas untuk membuat perubahan atau mengambil suatu keputusan. Team yang diberi tanggungjawab dan otoritas yang proporsional cenderung akan memiliki motivasi kerja yag tinggi.

Kesempatan untuk maju
Setiap orang akan melakukan banyak cara untuk dapat mengembangkan diri, mempelajari konsep dan ketrampilan baru, serta melangkah menuju kehidupan yang lebih baik. Jika dalam sebuah team setiap anggota merasa bahwa team tersebut dapat memberikan peluang bagi mereka untuk melakukan hal-hal tersebut di atas maka akan tercipta motivasi dan komitment yang tinggi. Hal ini penting mengingat bahwa perkembangan pribadi memberikan nilai tambah bagi individu dalam meningkatkan harga diri.

Kepemimpinan
Tidak dapat dipungkiri bahwa leadership merupakan faktor yang berperan penting dalam mendapatkan komitment dari anggota team. Leader berperan dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi team untuk bekerja dengan tenang dan harmonis. Seorang leader yang baik juga dapat memahami 6 faktor yang dapat menimbulkan motivasi seperti yang disebutkan diatas.

http://www.gunadarma.ac.id
http://www.gramedia.com
http://www.gsn-soeki.com/wouw/?koleksi-artikel-utk-semua

Buku Pengantar Manajemen Umum(Untuk STIE) oleh Mohammad Abdul Muhkhyi, I man Hadi Saputro Penerbit Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar