Rabu, 05 Januari 2011

Tugas 9 Pengantar Bisnis

1. Sebutkan dan jelaskan siklus kehidupan produk?
jawab:



>>Tahap 1 : Perkenalan (Introduction)
 -Penjualan Lambat
 -Promosi
 -Belum ada Laba
>>Tahap II : Pertumbuhan (Growth)
 -Penjualan naik
 -Laba naik
 -Sudah diterima di Pasar
>>Tahap III : Kematangan (Maturity)
 -Penjualan Naik
 -Promosi Naik
 -Laba Naik
 -Ada Diversifikasi/kualitas
>>Tahap IV : Keusangan (Decline)
 -Penjualan Menurun
 -Laba Menurun
 -Promosi Menurun
 -Pailit

2.Pada tahap keberapakah suatu produk mencapai leader produk dan berikan contohnya?
Jawab :
Pada Tahap ke III (tiga), yaitu pada tahap kematangan (Maturity)
Contoh: Aqua, Indomie, dan Sari Roti

3.Jelaskan alasan mengapa harus dilakukan diversifikasi pada suatu produk?
Jawab:
Suatu Perusahaan melakukan Diversifikasi Produk adalah Untuk membuat produk tahan lebih lama, mengarah kepada produk siap konsumsi, memenuhi seleradan kebutuhan konsumen serta memperluas pasar, mempermudah transportasi, member nilai tambah, pendapatan dan lain sebagainya. Konsep diversifikasi produk merupakan upaya untuk mengusahakan atau memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya. Diversifikasi produk artinya menganeka ragaman produk.Jadi diawal satu produk utama dapat dibuat berbagai produk.
Jadi mengapa perusahaan melakukan diversifikasi produk karena sebuah perusahaan mengdiversifikasikan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sudah percaya dengan sebuah produk tersebut dan untuk membandingkan hasil dari produk tersebut agar dapat lebih memperbaiki produk-produk sebelumnya supaya hasil produk tersebut lebih baik lagi. Dan berusaha/ memasarkan produk yang sejenis dengan produk yang sebelumnya intinya memodifikasi produk awal agar lebih baik lagi.

http://indraprayoga.wordpress.com/2009/11/18/diversifikasi-produk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar