Sabtu, 09 Oktober 2010

Tugas 2


1. Tiga unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi?
    jwb
- Keinginan manusia
Keinginan manusia bisa digolongkan menjadi dua bagian besar, yaitu keinginan pokok dan keinginanpokok dan keinginan tambahan.keinginan pokok ditujukan untuk memenuhi kebutuhan utama, sedangkan keinginan tambahan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Keinginan lain diluar keinginan pokok merupakan keinginan tambahan.Manusia ingin makan karena makanan sangat dibutuhkan jasmani. Tanpa makanan, proses pertumbuhan manusia akan terhenti. Manusia menginginkan pakaian karena berguna untuk melindungi tubuh. Keinginan manusia akan perumahan timbul karena manusia membutuhkan tempat untuk beristirahat dan tidur. 

-Kelangkaan (Scarcity)
Keterbatasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka (scare). Kelangkaan mencakup kuantitas,         kualitas dan waktu. Sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik. Tersedia dimana saja (disetiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan.

-Pilihan-pilihan (Choices)
Dalam setiap masyarakat selalu didapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan-keinginan yang lain akan muncul. Terbatas sumber data yang tersedia dibandingkan kebutuhan atau keinginan, menyebabkan manusia harus menetukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif.

-Biaya kesempatan (Opportunity cost)
Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional. Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh. Biaya ayang dimaksudkan dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akutansi (accounting cost).

2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial
     jwb: 
*Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak, serta bertujuan untuk mencari keuntungan sebanyak – banyaknya 
*Sedangkan Lembaga Sosial adalah organisasi pola-pola pemikiran dan perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas masyarakat dan hasil-hasilnya. Ia terdiri atas kebiasaan-kebiasaan, tata kelakukan, dan unsur-unsur kebudayaan lain yang tergabung dalam suatu unit yang fungsional, dan bertujuan untuk membantu masyarakat tanpa mencari keuntungan. 

3.faktor-faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan?
1. Letak perusahaan di pengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu  faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya adalah: harga bahan mentah / bahan pembantu, Tingkat upah buruh, Tanah, Pajak, Tingkat bunga ,Biaya alat produksi tahan lama,Biaya atas jasa pihak ketiga .
2. Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah 
Lokasi ini sudah ditetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Contohnya adalah seperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya.
3. Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah 
Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
4. Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam 
Lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
5. Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi 
Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.

 4. perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha ?
-Lingkungan Eksternal Mikro: Adalah hal-hal yang secara langsung mempengaruhi organisasi dari luar
*Pesaing, usaha yang berusaha mendapatkan sumberdaya yang sama dengan perusahaan
*Konsumen, pihak yang membutuhkan sumberdaya dan produk yang dihasilkan perusahaan
*Stokis (supplier), menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan organisasi
*Lembaga Pengatur dan Pemerintah, alat-alat kewenangan yang berfungsi mengawasi, membuat aturan (hukum), dan memiliki kekuatan hukum yang dapat mempengaruhi pola kebijakan dan pola kerja organisasi
*Rekanan Usaha (Mitra Usaha), pihak-pihak yang melakukan kerja sama atau persekutuan dengan organisasi tersebut
-Lingkungan Internal mikro:Kondisi-kondisi dan seluruh bagian jaringan kerja yang berada pada suatu organisasi
*Pemilik, orang yang memiliki hak kepemilikan kekayaan atas usaha tersebut.
*Dewan Direksi, dipilih oleh para pemegang saham dan bertugas mengawasi jalannya manajemen perusahaan secara keseluruhan untuk memastikan perusahaan tersebut dapat memberikan keuntungan secara maksimal kepada para pemegang saham
*Pekerja, setiap orang yang bekerja untuk perusahaan dan berkepentingan untuk menjaga perusahaan tersebut tetap eksis dan beroperasi dengan baik.
*Lingkungan Kerja Secara Fisik, bentuk lingkungan nyata tempat suatu organisasi atau pekerjaan dilangsungkan

Pengantar Bisnis - Hasil Google Books

http://ekonomi-ucy.blogspot.com/2009/11/lingkungan-organisasi-dan-manajerial.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan 
http://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_sosial

www.gunadarma.ac.id






Tidak ada komentar:

Posting Komentar